Next Post, dari artikel sebelumnya yaitu ane bahas tentang bandara, Bandara gak lepas donk dengan bagiannya dari segi Ground Handling . Dalam artiket ini kita akan mengulas tentang Ground Handling.
Ground Handling berasal dari kata Ground yang dapat di artikan 'Darat' sedangkan Handling bermaknakan 'Managemen' atau 'Tata Operasi'. dari penjelasan makna masing-masing kata di atas dapat kita ambil kesimpulan bahwa Ground Handling merupakan suatu manajemen operasional bandara yang bertugas di darat, jika bertugas di udara namanya Flight Attendant.
1.
Prosedur Keberangkatan
Pesawat
Sebelum
pesawat berangkat seorang ground handler harus mempersiapkan Schedule Time Of Departure, sehingga calon
penumpang bisa mempersiapkan diri. Beberapa hal yang mesti dipersiapkan sebelum
memberangkatkan pesawat terbang, antara lain :
a)
Check in counter, biasanya dibuka dua
jam sebelum keberangkatn. Segala urusan penumpang bias dikerjakan di check in
counter, seperti tiket, bagasi, cabin, airport tax, boarding pass, dll
b)
Cargo dan mail yang akan diberangkatkan disiapkan
dengan posisi muatan menurut loading instruction.
c)
Cleaning pesawat
(interior), seperti mengganti
head-cover, tempat abu rokok, majalah, kertas toilet, dsb.
d) Catering,
untukpersediaan makana/minuman selam penerbangan
e)
Teknik push-back, mendorong
pesawat mundur untuk taxiing dan menuju ke run-way
f)
Passenger service, untuk membantu
orang/penumpang khusus, seperti VIP, ekonomi, dll.
g)
Pengisian bahan bakar ( bila diperlukan )
Beberapa bagian yang terkait dengan pemberangkatan
pesawat diantaranya adalah :
1)
Bagian pasasi ( penumpang )
Bagian
pasasi ( penumpang ) bertugas untuk mempersiapkan penumpang dari mulai check
ini sampai ruang tunggu dan naik ke pesawat. Setelah peswat berangkat, siggah
atau pindah pesawat (transfer), beserta bagasinya, demikian juga beberapa hal
khusus seperti penumpang VIP, orang buta, mengandung, ibu dengan bayi, dsb.
2)
Bagian operasi
Bagian
operasi bertugas untuk mempersiapkan instruksi muatan, load and trim sheet atau
keseimbangan pesawat, data cuaca baik dari bandara kebrangkatan maupun tujuan,
juga keterangan apa yang sedng terjadi di bandara tujuan, hal ini biasanya
disebut notam. Setelah pesaawt
berangkat, nagian operasi akan mengirimkan data ATD ( Actual Departure )/waktu nyata pada saat pesawat tinggal landas,
dan ETA ( Estimate Time Arrival )/
perkiraan waktu mendarat.
3)
Bagian Cargo
Bagian
cargo akan menyiapkan semua kargo/surat pos yang akan dikirim. Setelah pesawat
berangkat, nagian kargo akan mengirimkan informai tentang kargo yang dimuat.
4)
Bagian Ramp ( Lapangan)
Bagian
Ramp akan memuat bagasi dan menyiapkan smemua peralatan yang diperlukan,
misalkan push back, juru parkir (marshalling),
dll.
5)
Bagian Teknik
Bagian
ini merupakan yang harus selalu siap di tempat sampai pesawat tinggal landas,
sebab ada kemungkinan sebelum pesawat tinggal landas pesawat itu kembali ke
tempat parker karena ada kerusakan.
2.
Prosedur Kedatangan
Pesawat Terbang
Sebelum pesawat terbang
mendarat di bandara, pihak bandara terlebih dahulu sudah menerima berita tentang
kedatangan pesawat tersebut. Informasi yang dilaporkan berupa
- · ETA (Estimate Time Arrival) – waktu kedatangan.
- · LDM ( Load Masage) – berita tentang muatan.
- · CPM ( Container Pallet Message ) – Tentang jenis kontaner atau pallet yang digunakan.
- · PNL ( Passenger Name List ) – daftar penumpang.
- · Penumpang yang memerlukan pelayanan khusus.
Semua itu diinformasikan agar para petugas yang akan meng-handle kedatangan pesawat tersebut bias
mempersipakan diri dan peralatan yang kiranya akan diperlukan. Informasi itu disampaikan
ke bagian-bagian yang bersangkutan dengan kedatangan pesawat, seperti :
- · Tempat parkir pesawat
- · Aviobridge
- · Unloading and loading kargo and bagasi
- · Agen pengisian bahan bakar
- · Catering untuk menurunkan sisa-sisa makanan dan memberikan perbekalan selama penerbanganberlangsung.
- · Cleaning Service
- · Personal technique seperti marshalling, push back, GPS (Ground Power Supply )
- · Passenger service
- · Fuel car untuk mengisi bahan bakar
- · Mobil pendinginan ( air conditioner car) untuk mendinginkan ruangan pesawat sewaktu pesawat sedang dimatikan.
Secara singkat, semua hal yang bersangkutan dengan kedatangan
pesawat terbang harus sudah siap sehingga pendaratan, unloading passenger,
baggage, cargo serta aspek lain dapatb terlaksana dengan cepat dan tepat tanpa
harus menunggu lagi.
3.
Berbagai Kegiatan
Lapangan mengenai Pesawat Terbang
a.
Di dalam pesawat (Interior)
I.
Cleaning (bagian kebersihan)
- · Mengganti sarung bantal, alasa kepala, dll
- · Membersihkan asbak
- · Membersihkan tempat duduk, meja makan
- · Membersihkan debu dengan vacuum cleaner
- · Mengganti isi kantong kursi, kantong muntah, dll
- · Membersihkan ruang pilot (cockpit)
- · Membersihkan toilet
II.
Makanan (catering)
Mengontrol
menu, peralatandan makanan, menurunkan yang bekas dan mengganti dengan yang
baru sesuai dengan menu yang dipesan.
b.
Di luar pesawat (exterior)
b. 1.
Bongkar muat ( unloading- loading)
Hal-hal yang perlu disiapkan adalah :
- · Aviobridge
- · Alat menaikkan dan menurunkan makanan
- · Alat untuk menurunkan dan menaikkan kargo
- · Alat untuk menurunkan dan menaikkan bagasi
b. 2.
Kebersihan
- · Membersihkan kaca jendela ruang pilot
- · Mesin pesawat
- · Sayap pesawat
- · Jendela dan kaca
b.3.
Aircraft Handling
- · Pemandu parkir pesawat (marshalling)
- · Parkir
- · Power Engine
- · Push-Back car
- · Fuel car
- · Air Conditioner car
4.
Kegiatan di Terminal
1.
Kontrol muatan
- · Instruksi bongkar muat
- · Loadsheet (keseimbangan pesawat)
- · Daftar penumpang dan awak pesawat
- · Informasi cuaca
2.
Penanganan penumpang dan bagasi
- · Menyediakan informasi bagi penumpang
- · Prosedur check in
- · Memeriksa tiket
- · Menimbang bagasi
- · Menunjukkan jalan bagi tamu asing atau imigran
- · Menyediakan information center
- · Mengurus penumpang yang hendak transit
- · Mengurus penumpang yang memerlukan penanganan khusus
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Koment dulu baru baca yaa... :-D